Berita

PEMPROV DKI JAKARTA IMBAU WARGA KURANGI KONSUMSI CICILAN UNTUK DAPATKAN RUMAH SAMAWA DP 0 RUPIAH
PEMPROV DKI JAKARTA IMBAU WARGA KURANGI KONSUMSI CICILAN UNTUK DAPATKAN RUMAH SAMAWA DP 0 RUPIAH
Tanggal posting : Sep 03, 2019

Jakarta Timur - Banyaknya pemohon Program Samawa Rumah DP 0 Rupiah yang permohonan KPR-nya belum dapat disetujui, membuat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengimbau calon pemohon agar kedepannya mengurangi konsumsi cicilan.  Sehingga, permohonan kreditnya dapat lolos layak disetujui. Hal ini disampaikan oleh Kepala Unit Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Dzikran Kurniawan, saat peresmian Tower Samawa yang menjadi hunian pertama program Samawa Rumah DP 0 Rupiah, Sabtu (31/8).

"Program ini memang menyasar pemohon dengan kondisi keuangan dan pengelolaannya yang baik. Meski masuk dalam kategori, peserta program ini perlu memiliki kondisi keuangan yang sehat dengan pengelolaan yang juga baik," ujar Dzikran.

Dzikran memberi contoh, jika pemohon ingin mencicil rumah, sebaiknya tidak dalam keadaan tengah mencicil motor yang mana memiliki besaran 1,5 juta rupiah per bulan, cukup ambil biaya cicilan motor senilai 750 ribu rupiah saja. Sehingga, tidak memberatkan dalam membayar cicilan bulanan KPR yang diajukan.

Dzikran juga menjelaskan, banyak pemohon memiliki pola pengelolaan keuangan yang kurang sehat. Profil pemohon seperti ini biasanya memiliki beberapa tanggungan kredit pinjaman yang jumlahnya cukup tinggi, sehingga nantinya berpotensi akan memberatkan mereka dalam membayar cicilan KPR.

Di samping itu, sejumlah pemohon didapati ternyata telah memiliki skema KPR dari bank lain, serta terdapat pula beberapa pemohon yang memiliki kredit yang bermasalah. Karena itu, pengajuan KPR mereka melalui program Samawa belum dapat disetujui.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, pada acara ini melakukan prosesi serah terima kunci secara simbolis kepada 50 calon penghuni yang akan memasuki hunian tahap pertama. Gubernur Anies juga menyaksikan prosesi akad kredit sejumlah calon penghuni yang dilakukan di lokasi.

Program Samawa Rumah DP 0 Rupiah adalah program fasilitasi pembiayaan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengatasi masalah kepemilikan rumah. Melalui program ini, Pemprov DKI Jakarta menyediakan fasilitas pembiayaan kepemilikan dengan skema DP 0 Rupiah. Berlokasi di Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Tower Samawa memiliki 3 tipe unit yaitu, tipe 36 dengan 2 kamar tidur, tipe 21 dengan 1 kamar tidur, dan tipe 21 studio.

Dengan pemenuhan kebutuhan skema kepemilikan ringan untuk warga DKI Jakarta dapat memiliki tempat tinggal yang layak, diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Hal ini sesuai dengan Peraturan Gubernur 104/2018, yang memuat persyaratan untuk calon masyarakat yang hendak membeli.

editor : Humas Sarana Jaya

Kembali