Berita

Gubernur DKI Resmikan Ground Breaking Nuansa Cilangkap
Gubernur DKI Resmikan Ground Breaking Nuansa Cilangkap
Gubernur DKI Resmikan Ground Breaking Nuansa Cilangkap
Tanggal posting : Dec 13, 2019

Jakarta, 12 Desember 2019 – Menjawab peningkatan kebutuhan warga yang ingin memiliki Rumah di DKI Jakarta, Perumda Pembangunan Sarana Jaya kembali membangun Hunian DP 0 Rupiah di Nuansa Cilangkap yang terletak di Jl. Raya Cilangkap,  Kel. Cipayung, Kec. Cipayung, Jakarta Timur. Dalam pembangunan Hunian DP 0 Rupiah Nuansa Cilangkap, Sarana Jaya melakukan kerjasama operasional dengan PT. Totalindo Eka Persada Tbk., yang sebelumnya telah sukses membangun Nuansa Pondok Kelapa sebagai salah satu program unggulan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Acara Ground Breaking Hunian DP 0 Rupiah Nuansa Cilangkap yang rencananya akan diresmikan oleh Gubernur Prov DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, Ph. D, dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2019.

Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya, Yoory C. Pinontoan mengungkapkan, Menginjak usia 50 tahun, Sarana Jaya senantiasa berkomitmen mendukung program-program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta  yang salah satunya membangun “Hunian DP 0 Rupiah” yang telah ditugaskan kepada kami.”

Secara keseluruhan luas lahan di Nuansa Cilangkap mencapai ± 2,9 hektar, dan untuk pembangunan Menara Samawa Hunian DP 0 Rupiah sendiri dibangun di atas luas lahan ± 6.500 meter persegi, yang terdiri dari 24 lantai, dengan total 800 unit yang terdiri dari tipe studio dan 2 kamar.

Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya, Yoory C. Pinontoan mengatakan “Visi dan Konsep pembangunan Nuansa Cilangkap telah mengacu pada program Pembangunan yang Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) yaitu pada beberapa poin SDG’S antara lain :

1. Membantu mengurangi kemiskinan, dengan mendukung program hunian DP 0 Rupiah;

2. Peningkatan gizi dan mengurangi tingkat kelaparan, dengan menyediakan taman-taman produktif yang dapat dimanfaatkan sebagai kebutuhan sehari-hari;

3. Memberikan tingkat kenyamanan yang berdampak  pada hidup sehat, dengan membuat sirkulasi udara antar ruang, dan memfasilitasi klinik pada kawasan.

4. Memfasilitasi dan Meningkatkan Semangat Pendidikan, dengan menyediakan ruang belajar yang dapat meningkatkan semangat belajar

6. Meminimalisir Pemborosan Penggunaan Air Dalam Kawasan, dengan menyediakan resapan air hujan agar tidak menggenang di kawasan

7. Penghematan dan Optimalisasi Energi, dengan membuat banyak bukaan ruang dan penggunaan jendela untuk sirkulasi udara sekaligus mengurangi penggunaan lampu dan pendingin ruangan

8. Peningkatan Perekonomian Sekitar, dengan membuat ruang ruang komersil yang dapat dimanfaatkan sebagai lahan usaha dan secara otomatis meningkatkan lapangan pekerjaan

9.  Menjadi Kawasab Terpadu Percontohan, dengan menyediakan ruang terbuka yang terkoneksi dengan RPTRA Garuda dan juga terintegrasi dengan Transjakarta ke dalam kawasan

10.  Ikut Berpartisipasi Dalam Mengurangi Dampak Perubahan Iklim, dengan memperbanyak resapan air tanah juga ruang untuk pengolahan sampah dan dalam pembangunannya mengurangi pemakaian material yang berdampak Efek Rumah Kaca

11.  Menjadikan Kawasan Hijau Dan Ramah Lingkungan, dengan mengurangi pengerasan memperbanyak ruang terbuka hijau

Yang mana dampak dari sebuah pembangunan dan kawasan tidak hanya memberikan pengaruh dari segi visualisasi pembangunan namun juga dapat memberikan pengaruh positif terhadap kawasan dari berbagai aspek seperti halnya perekonomian, pendidikan, kesehatan, sosial, lingkungan, dan keselamatan bumi”.

Sejalan dengan hal tersebut pula, pada pembangunan Nuansa Cilangkap terdapat lubang resapan biopori sebagai metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Selain sumur resapan dan  biopori, Sarana Jaya tidak lupa menyediakan lahan sebagai taman apotik hidup sebagai salah satu bukti bahwa dalam pembangunan Menara Samawa Nuansa Cilangkap, Sarana Jaya benar-benar mengedepankan aspek keberlanjutan bagi penghuninya.

Salah satu rencana kegiatan pada acara Ground Breaking yaitu dilakukan pelaksanaan secara simbolis penanaman ±15 pohon khas DKI Jakarta yang menggambarkan bahwa Nuansa Cilangkap adalah hunian yang ramah lingkungan dan berkelanjutan dan memberikan kenyamanan serta kesejukan bagi para penghuninya.

“Dengan acara simbolik penanaman pohon-pohon ini diharapkan menjadi salah satu simbol bahwa kami membangun proyek ini dengan prinsip pembangunan yang berkelanjutan dan senantiasa dalam koridor pelestarian lingkungan sekitar,” tutur Yoory C. Pinontoan, Kamis (12/12) di Jakarta Timur.

Kemudian, Yoory menyatakan bahwa “fasilitas yang akan tersedia di Nuansa Cilangkap seperti ruang bersama, balai warga, musala, klinik, warung, toko, taman bermain, taman warga, sekolah dan TK.

 

Untuk Informasi lebih lanjut silakan hubungi:

HUMAS Perumda Pembangunan Sarana Jaya

Gedung Sarana Jaya                info@sarana-jaya.co.id

Lantai 3-4                                  T: +6221 - 352 2667

Jl. Budi Kemuliaan I No. 1         F: +6221 - 385 3960

Jakarta Pusat 10110

Kembali