Berita

FASILITAS PADA FPSA MIKRO TEBET
Tanggal posting : Oct 08, 2021

 

Gunakan Fasilitas Teknologi Ramah Lingkungan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Sarana Jaya Bangun FPSA Mikro Tebet sebagai Solusi Tepat Guna Tangani Isu Sampah DKI Jakarta


Jakarta, 8 Oktober 2021 – Semakin banyaknya limbah sampah DKI Jakarta menjadi permasalahan penting bagi Pemerintah DKI Jakarta untuk mengurangi pencemaran tanah dan lingkungan. Dalam mengurai persoalan tersebut, perlu dilakukan alternatif-alternatif pengolahan sampah sebagai solusi tepat guna dalam menekan tingginya volume sampah.

Dilengkapi dengan teknologi Hybrid Hydrodive, FPSA Mikro Tebet mampu mengintegrasi teknologi thermal dan non-thermal dalam mengurai sampah. Tercatat bahwa, teknologi thermal ini telah digunakan di beberapa negera maju, seperti Jepang, Australia, dan Austria yang penggunaannya terus meningkat dari 12% menjadi 27% sejak tahun 1995 hingga 2019. Efektivitas FPSA Mikro Tebet ini juga terwujud dengan menerapkan pendekatan “di sumber dan habis di sumber” sehingga proses pengolahan sampah berlangsung lebih cepat dan dapat memotong jumlah emisi yang berdampak buruk terhadap lingkungan. Terbukti, teknologi ini mampu mengurangi residu sampah hingga tersisa 10%.

Hadirnya pembangunan FPSA Mikro Tebet ini juga telah mempertimbangkan dengan matang keberadaan masyarakat sekitar. Fasilitas ini akan mengontrol hasil proses thermal sehingga tidak mengganggu kesehatan warga sekitar. Tidak hanya itu, tersedia juga sistem Continuous Emission Monitoring Systems atau yang biasa disebut CEMS sehingga masyarakat dapat memantau langsung emisi yang dihasilkan dari proses pengolahan sampah.

Agus Himawan, Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya mengatakan “Pengolahan sampah menggunakan metode FPSA Skala Mikro ini memang baru dan perlu mendapatkan dukungan dari masyarakat sekitar untuk keberhasilan kita semua menyelesaikan permasalahan sampah Ibukota yang sudah menahun.”

Kedepannya, proyek ini juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya, antara lain Learning Centre, Ampitheatre, Ruang Terbuka Hijau (RTH), sarana olah raga, kantin, serta mushola yang dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat. Tidak hanya sebagai tempat pengolahan sampah yang modern, pembangunanan FPSA Mikro Tebet diharapkan dapat membawa gaya hidup baru bagi masyarakat untuk menanggulangi dan mengendalikan limpah sampah.

 

                                           

– selesai –

 

Tentang Sarana Jaya

Perusahaan Umum Daerah Pembangunan Sarana Jaya Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta merupakan Badan Usaha Milik Daerah yang berdiri sejak tahun 1982, yang pada awal berdirinya Sarana Jaya berorientasi sebagai penunjang kebijaksanaan umum Pemerintah Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan melakukan kegiatan di bidang penyediaan tanah, pembangunan perumahan, bangunan umum, kawasan industri serta sarana-prasarana dengan berpegang pada prinsip ekonomi perusahaan yang pada sifat naturalnya adalah badan hukum yang berorientasi laba. 

Selain itu, dengan dipercayanya Sarana Jaya oleh Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta untuk menangani pembangunan proyek-proyek strategis di lingkungan Daerah Khusus Ibukota Jakarta seperti pengembangan Kawasan Sentra Primer Tanah Abang, pembangunan rumah hunian dengan DP 0 Rupiah, pengelolaan Sampah Antara (ITF) serta pembangunan untuk menunjang visi dan misi Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta untuk mengembangkan kawasan-kawasan perkotaan yang bersifat modern dan berkelanjutan.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:

Humas Perumda Pembangunan Sarana Jaya

Gedung Sarana Jaya                                          E: info@sarana-jaya.co.id

Lantai 3                                                               T: +6221 352 2667

Jl. Budi Kemuliaan I No. 1                                   M: +62812 9319 1900

Jakarta Pusat 10110

 

Kembali